Cinta Itu Sederhana

8 09 2011

click here for English version 

Bila ada yg bertanya, apa itu cinta? Apa jawaban anda?

Buat saya cinta itu adalah sederhana.

Kesederhanaan hati untuk saling mengasihi. Sesederhana sebuah doa, cinta datang dari hal yg sederhana. Terkadang kita lupa akan kesederhanaan cinta. Kekhawatiran akan kehilangan dan keangkuhan hati membuat kita serakah akan cinta; dan akhirnya terlupakanlah kesederhanaan sebuah cinta.

Seperti saat cinta antara Hamid dan Zaenab mulai bersemi. Ditepi pantai Zainab berkata kepada Hamid, « Hamid, aku titipkan doaku bila kau pergi haji. Doaku menikah dengan orang yg aku cintai dan orang itu juga mencintai aku. »  Seperti kalimat yg saya petik dari film yg diangkat dari novel karya (alm.) Buya Hamka, Dibawah Lindungan Ka’bah (1978).

Cinta sederhana Hamid terhadap adat-agama membuatnya ikhlas dijauhkan dari orang-orang yg dicintainya, cinta sederhana Zainab menunggu dengan ikhlas sang kekasih hati yang diusir dari kampungnya hingga ajal menjemput. Zainab dan Hamid tidak pernah bersatu, bukan karena kerumitan dunia disekeliling mereka, namun karena cinta yg tidak lagi sederhana dari orang-orang terdekat mereka.

 » Ya Rabbi, ya Tuhanku, Yang Maha Pengasih dan Penyayang, di bawah lindungan Ka`bah, rumah Engkau yang suci dan terpilih ini, saya menadahkan tangan memohon kurnia. Kepada siapa lagi yang saya akan pergi memohon ampun, kalau bukan Engkau ya Tuhanku! Tidak ada suatu tali pun tempat saya bergantung, lain daripada tali Engkau, tidak ada pintu yang akan saya tutup, lain daripada pintu Engkau. Berilah kelapangan jalan buat saya, saya hendak pulang ke hasrat Engkau; saya menuruti orang-orang yang dahulu daripada saya, orang-orang yang bertali hidupnya dengan hidup saya. Ya Rabbi, Engkaulah Yang Maha Kuasa, kepada Engkaulah kami sekalian akan kembali….. »

Cinta (doa) yang dibawa oleh Zainab dan Hamid hingga akhir hayat mereka.

Dari novel dan film ini saya semakin mengerti untuk mencintai dengan sederhana. Kesederhanaan membuat cinta hidup abadi dalam hati, walau sekalipun jarak memisahkan. Cinta itu sederhana dan selalu sederhana.

Actions

Information

One response

8 09 2011
Love is Humble « My life. My journey. My story

[…] « Cinta Itu Sederhana […]

Laisser un commentaire

